Monday, November 14, 2016


Assalamualaikum Wr Wb
Selamat Pagi . . .
Ok Kali ini saya akan share tentang bagaimana menginstall W3School Di Localhost Linux Mint 17.03.

A. Pengertian
    W3Schools adalah sebuah situs web yang populer untuk belajar teknologi web online ataupun Ofline .Isi mencakup tutorial dan referensi yang berkaitan dengan HTML , CSS , JavaScript , PHP , SQL , Bootstrap , dan jQuery . Menerima lebih dari 10 juta pengunjung unik setiap bulan.
   Dibuat pada tahun 1998, namanya berasal dari World Wide Web , tetapi tidak berafiliasi dengan W3C ( World Wide Web Consortium ). Hal ini dijalankan oleh Data Refsnes di Norwegia. W3Schools menyajikan ribuan contoh kode. Dengan menggunakan editor online, pembaca dapat mengedit contoh dan mengeksekusi kode dalam sandbox.

B. Latar Belakang
    Latar Belakangnya adalah di dunia yang sudah serba modern seperti pada kai ini. yang semuanya hampir di kerjakan menggunakan bahasa pemrograman
nah maka dari itu saya menuliskan bagaimana cara menginstall W3School Ofline ini karena seseorang pun sekarang bisa mempelajarinya meskipun tidak ada koneksi internet sama sekali.

C. Maksud dan Tujuan
     Maksud dan Tujuannya adalah Untuk Mempermudah kita dalam mempelajari bahasa pemrograman meskipun kita tidak ada koneksi internet sama sekali.

D. Alat dan Bahan
    Alat dan Bahan yang di butuhkan adalah :
    1. Laptop
    2. File W3school Offline

E. Jangka Waktu Pengerjaan
    Jangka Waktu Yang saya butuhkan dalam install w3school pada kali ini adalah kurang lebih nya 15 Menit.

F. Tahap Pelaksanaan
1. Masuk sebagai super user dengan perintah sudo su isikan pasword laptop atau komputer anda. seperti pada gambar di bawah ini.


2. Selanjutnya kita pindah ke direktory dimana file atau aplication W3school berada. Disini aplication w3school saya ada di file musik jadi saya harus pindah atau masuk ke file direktory Musik dengan perintah cd Music/ Seperti pada gambar di bawa iini


3. Copy File atau Aplication W3school ke file directory html dengan perintah
     cp W3schools\ offline\ Version.7z /var/www/html/
    Seperti pada gambar di bawah ini.


4. Berikutnya kita pindah ke File Direktory html dengan perintah cd /var/www/html/. Apabila kita sudah pindah ke file Direktory html maka kita liat hasil copy aplication wschool tadi dengan mengetikkan perintah ls Untuk melihatnya.


5. Apabila File atau aplication w3school sudah ada pada file direktory html. Maka langkah selanjutnya adalah extrak file tersebut dengan perintah 
unzip [nama file yang mau di extrak] tekan enter .I
Keterangan : unzip merupakan perintah apabila file tersebut berformat .zip 
 

 - Tunggu Proses Extrak sampai selesai


6. Ketikkan perintah ls lagi untuk melihat hasil extrak barusan yang kita lakukan 


7. Ubah nama w3school_offline2016 menjadi cuma W3. Untuk gampang diingat biar tidak terlalu panjang dengan perintah "mv  w3school_offline2016 W3"


8. Ketikkan Perintah  :
    chown -R www-data:www-data W3
   chmod -R W3
   Keterangan :
   chown : merupakan hak milik
   chmod : merupakan hak akses 
    

9. Kita coba masuk ke browser dan ketikkan perintah localhost/W3 pada url 
    Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini


G. Hasil
    Hasil yang saya dapatkan pada installasi kali ini saya bisa mempelajari sebuah bahasa pemrograman dan tanpa harus juga terkoneksi ke internet karena sudah ada di localhost laptop saya.

H. Kesimpulan
     Kesimpulannya adalah perhatikan yang teliti dimana letak file nya berada dan jangan lupa memberi hak akses dan hak milik biar bisa di bukak di browser.

I. Referensi
    - https://en.wikipedia.org/wiki/W3Schools

Semoga Bermanfaat
Wassalamualaikum Wr Wb 

0 comments:

Post a Comment

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts