Tuesday, November 8, 2016


Assalamualaikum Wr Wb
Selamat Pagi . . .
Ok kali ini saya akan share tentang bagaimana Menginstall dan Mengkonfiguasi NTP Server Pada Debian 8. Ada baik nya kita mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu NTP ?

A. Pengertian
     NTP adalah singkatan dari Network Time Protokol, sebuah protokol untuk meng-sinkronkan sistem waktu (clock) pada komputer terhadap sumber yang akurat, melalui jaringan intranet atau internet. sedangkan NTP Server sendiri adalah sebuah server yang mengsinkronkan waktunya terhadap sumber waktu akurat, dan menstranmisikan paket informasi waktu kepada komputer client yang meminta.

B. Latar Belakang
     NTP Server ini sangat bermanfaat sekali apabila kalian mengelola jaringan yang sangat ketat sekali dalam urusan waktu. Misalnya ketika seluruh pegawai di kantor kalian, kalian perintah untuk mengumpulkan tugas dalam bentuk email yang harus dikirimkan ke email server kantor sebelum batas waktu jam 12 siang. Lewat dari itu, email akan di reject secara otomatis oleh sistem. Nah apa jadinya bila ternyata waktu yang terdapat di komputer server berbeda dengan waktu yang terdapat di komputer-komputer pegawai kalian? Salah-satu ketika pegawai kalian mengira waktu masih tersisa 5 menit lagi, ternyata jam yang terdapat di komputer server sudah menunjukkan pukul 12. Untuk hal-hal seperti ini lah NTP Server diperlukan, agar waktu/jam antara komputer satu dengan yang lainnya yang ada didalam suatu jaringan dapat sinkron atau sama.

C. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan Tujuannya adalah untuk menyinkron-kan waktu antara antara komputer satu dengan yang lainnya yang ada didalam suatu jaringan dapat sinkron atau sama.

D. Alat dan Bahan
    Alat dan Bahan yang dibutuhkan adalah :
    1. Server 
    2. Laptop
    3. Koneksi Internet

E. Jangka Waktu Pengerjaan  
    Jangka waktu yang saya butuhkan dalam konfigurasi kali ini adalah kurang lebih nya sekitar 20 Menit.

F. Tahap Pelaksanaan.
1. Patikan kita sudah meremot server ke laptop
2. Ketikkan Perintah "apt-get install ntp ntpdate" untuk menginstall ntp nya

3. Selanjutnya Konfigurasi NTP Server dengan perintah "nano /etc/ntp.conf"
 

 - Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. setelah itu. anda menekan tombol ctrl + w untuk pencarian . Disini cari server_0. Seperti pada gambar di bawah ini.


- Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. dan tambahkan "server 127.127.1.0" pada bagian tengah yang tidak ada tanda # nya. Seperti pada gambar di bawah ini 


- Geser ke bawah maka akan muncul gambar seperti pada gambar di bawah ini.


- Beikutnya cari baris “ restrict 192.168.123.0 mask 255.255.255.0 notrust ” lalu hilangkan tanda # pagar nya kemudian ubah menjadi “restrict 192.168.88.2 mask255.255.255.248 nomodify notrap”  setelah itu simpan dengan menekan tombol ctrl +x dan tekan y enter seperti gambar dibawah ini :


4. Restart NTP Server nya dengan Perintah service ntp restart


5. Dan kita liat NTP nya apakah sudah berhasil apa belum ketikkan perintah
" ntpq -p" untuk melihat nya. Seperti pada gambar di bawah ini.


6. Lalu kita coba dengan mengetes terlebih dahulu melalui server debian langsung dengan perintah "ntpdate -u 127.0.0" 


G. Hasil dan Tujuan
    Hasil dan Tujuannya adalah saya bisa mengetahui tentang apa itu NTP dan Bagaimana Fungsi dan konfigurasi dari NTP tersebut dan Kesimpulannya adalah untuk mencocokkan date atau tanggal/bulan/tahun/pada client yang singkron dengan server yang sudah bisa di akses.

H. Referensi 
     - Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom

Semoga Bermanfaat 
Wassalamualaikum Wr Wb

0 comments:

Post a Comment

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts