Tuesday, November 15, 2016


Assalamualaikum Wr Wb
Selamat Pagi . . .
Ok kali ini saya akan share tentang bagaimana mengganti ip dan mengatur waktu pada Briker 2.0 . Ok langsung saja iya

A. Pengertian
    Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP. Sedangkan
   Waktu disini merupaka Hari, Tanggal, Bulan, Tahu, Begitupula Jam berapa kita mengkonfigurasi atau menginstall nya akan di ketahui secara detail.

B. Latar Belakang
     Latar Belakang nya adalah ini merupakan step yang ke 2 setelah kita installasi. Karena istallasi nya secara otomatis maka saya harus mencocokkan alamat ip yang sebelumnya saya buat pada Vlan id di mikrotik yang sudah saya kasihkan ip address atau alamat ip server Briker nya nanti untuk masuk ke step yang ke 3.

C. Maksud dan Tujuannya
    Maksud dan Tujuannya adalah untuk menggati ip address yang sebelumnya secara otomatis ip default dari Briker saya ganti menjadi ip server saya. supaya bisa terhubung ke server dan bisa konek ke internet dan pastinya apa bila sudah bisa konek ke internet nantinya kita bisa meremote nya menggunakan Browser.

D. Alat dan Bahan
    1. Briker yang sudah terinstall pada Proxmox
    2. Laptop
    3. Koneksi Internet

E. Jangka Waktu Pengerjaan
    Jangka waktu yang saya butuhkan dalam konfigurasi kali ini kurang lebihnya 10 menit.

F. Tahap Pelaksanaan
1. Pertama login terlebih dahulu  sebagai root
2. Setelah itu atur alamat ip dengan perintah "vi /etc/network/interfaces"


- Setelah itu Maka akan muncul Tampilan seperti pada gambar di bawah ini.
  Alamat IP default Briker adalah 192.168.2.2,


- Setelah itu kita ganti dengan alamat ip kita perintah untuk merubah nya adalah menekan tombol i terlebih dahulu, lalu untuk menyimpan semua perubahan dan keluar dari editor tekan tombol esc setelah itu tekan :wq!. seperti pada gambar di bawah ini


-  Setelah itu kita Restart layanan networking untuk mengaktifkan konfigurasi
   dengan perintah ifdown eth 0 dan ifup eth0



- Setelah itu kita lihat hasilnya dengan mengetikkan perintah ifconfig
 

=== ><===
SETTTING WAKTU 
 
1. Setelah itu kita Singkronkan Waktu. terlebih dahulu kita liat dengan perintah Date. Tapi disini saya sudah sinkron dengan laptop saya

 

- Apabila belum sinkron juga ketikkan printah date -s "2016-11-16 01:56:17"
  Sesuaikan tanggal dan jam, misalkan untuk mengatur waktu pada jam 01:56, tanggal 16 November 2016




G. Hasil dan Kesimpulan
     Hasil dan Kesimpulannya adalah sekarang Briker saya sudah menggunakan alamat ip server yang sebelumnya di buat di Vlan Id di Mikrotik. dan juga bisa mengsingkronisasi waktu nya dengan benar dan Kesimpulannya adalah perhatikan pada saat konfigurasi alamat ip nya yang benar. dan tes dengan ping ke google apabila sudah bisa ping ke google. Maka konfigurasi nya benar.

H. Referensi 
     - https://help.briker.org
     - https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_IP





Semoga Bermanfaat
Wassalamualaikum Wr Wb

0 comments:

Post a Comment

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts