Saturday, October 29, 2016

 
Selamat Pagi ...
Iya Kali ini saya akan share bagaimana cara melihat port - port jaringan komputer di terminal linux mint. Ok sebelum kita lanjut bagaimana cara melihatnya lebih baik kita tau terlebih dahulu apa pengertian dari port tersebut.

A. Pegertian
    port adalah mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. Port dapat mengidentifikasikan aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP/IP. Sehingga, port juga mengidentifikasikan sebuah proses tertentu di mana sebuah server dapat memberikan sebuah layanan kepada klien atau bagaimana sebuah klien dapat mengakses sebuah layanan yang ada dalam server. Port dapat dikenali dengan angka 16-bit (dua byte) yang disebut dengan Port Number dan diklasifikasikan dengan jenis protokol transport apa yang digunakan, ke dalam Port TCP dan Port UDP. Karena memiliki angka 16-bit, maka total maksimum jumlah port untuk setiap protokol transport yang digunakan adalah 65536 buah.

B. Latar Belakang
     Latar Belakang saya adalah supaya kita pengguna linux biar mengetahui dimana sih tempat melihat port terminal.

C. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan Tujuan nya adalah untuk mempermudah kita melihat port port yang ingin kita ketahui.

D. Alat dan Bahan
    1. Laptop, Sistem Operasinya berbasis Linux

E. Tahap Pelaksanaan

1. Masuk ke terminal dengan mengetikkan "ctrl + Alt + T" pada Keyboard atau langsung pilih saja di menu yang sudah ada di Desktop.
2. Setelah itu masuk sebagai super user dengan perintah "sudo su" masukkan password laptop kita.

 

3. Berikutnya ketikkan perintah "nano /etc/services"



4. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini
 


Oke Semoga bermanfaat

F. Hasil dan Kesimpulan
    Hasil dan kesimpulan yang saya dapat kan pada kali ini saya bisa mengetahui tempat dimana kita untuk melihat sebuah port - port jaringan dan aplikasi yang berada di sistem operasi linux.


 Semoga Bermanfaat
Assalamualaikum Wr Wb



0 comments:

Post a Comment

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts