Monday, October 10, 2016


Assalamualaikum Wr Wb
Selamat Pagi. Kali ini saya akan share bagaimana cara menginstall slims 8 di debian server. Ada baik sebelum kita menginstall Slims 8 Akasia sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Slims ?

A. Pengertian
     Senayan, atau lengkapnya Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi Web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Repubik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan Pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source.

B. Latar Belakang
   Latar Belakang saya Menginstall Slims adalah di dalam Projeck pembangunan Web server, saya berencana untuk membuat suatu perpustakaan online yang mana akan memudahkan para siswa membaca artikel artikel dari perpustakaan online tersebut. dan memudahkan transaksi dalam manajemen perpustakaan yang nantinya akan di bentuk di sekolah ataupun di Kampus. 

C. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan Tujuan saya untuk membuat Slims ini Karena saya berfikiran di sekolah masih belum ada yang nama nya Perpustakaan. Nah itu alasan saya untuk membuat sebuah Perpustakaan Online yang bisa di akses bagi siswa dan guru dan siapa saja yang berada di sekolah tersebut untuk minat membaca, dan mempermudah kita dalam mencari artikel dan yang lain - lain.

D. Alat dan Bahan
    Alat dan Bahan yang saya butuhkan adalah :
    1. Laptop / PC
    2. File slims8_akasia-master
    3. Koneksi Internet

E. Jangka Waktu Pelaksanaan
    Jangka Waktu yang saya butuhkan adalah kurang lebih 40 Menit.

F. Tahap Pelaksanaan
1. Langkah pertama masuk sebagai super user atau "root" di Terminal laptop kita dan

2. Berikutnya pastikan bawasannya File slims8_akasia-master sudah ada di direktory yang sebelumnya kita pindah atau di tempatkan. Disini File slims nya saya tempatkan di direktory Desktop



3. Langkah berikutnya pindahkan file slims nya ke Debian server dengan perintah 
"scp slims8_akasia-master.zip hamim@192.168.184.2:home/hamim"
  seperti pada gambar di bawah ini


4. Setelah itu Cek terlebih dahulu di terminal Debian apakah file sudah ter Copy apa belum, dengan perintah "ls"
 

5. Nah apabila file sudah ada. maka langkah selanjutnya kita pindahkan file Slims 8 ke menu direktory /var/www/html/. Seperti gambar di bawah ini


6. Langkah berikutnya kita Extrac File Slims 8 dengan Perintah "unzip slims8_akasia-master.zip" seperti pada gambar di bawah ini.
Keterangan : Tidak semua file bisa di Extrac dengan perintah Unzip. Karena file saya berbentuk Zip maka perintah Extrac yang di gunakan adalah "Unzip". dan pastikan sudah masuk ke file direktory /var/www/html


7. Berikut nya ubah nama file slims8_akasia-master.zip dengan nama yang lebih pendek contoh disini saya ubah cuma slims 8 saja . gunanya untuk mempermudah mengingat saja. perintah yang di gunakan adalah "mv slims8_akasia-master slims8"
seperti gambar di bawah ini.


8. Selanjutnya memberi hak akses kepada file tersebut. dengan perintah "chown -R www-data:www-data /var/www/html/slims8"
  seperti gambar di bawah ini.

  
9. Setelah itu Kita membuat Database di Phpmyadmin. Sebelum kita membuat atau Menginstall slims pastikan kita sudah menginstall Lamp Server terlebih dahulu. contoh pembuatan nya seperti pada gambar di bawah ini.


10. Setelah selesai membuat di databases. langkah selanjutnya adalah ketik di url browser anda dengan perintah seperti berikut. Keterangan : Disini saya menggunakan ip server dan tidak menggunakan localhost.


11. Berikutnya maka akan tampilan awal installasi slims 8 akasia. disini kita pilih START THE INSTALLATION


12. Pada langkh berikutnya akan mucul gambar seperti di bawah ini. pilih saja   NEW INSTALL


13. Berikutnya isi nama database yang sebelumnya kita buat di Database phpmyadmin. dan isikan username dan pasword untuk nantinya kita login ke slims nya. seperti pada gambar di bawah ini.


14. Installation Complet.. Pada Gambar di bawah ini kita langsung saja pilih OK, START THE SLIMS


15. OK Installasi selesai dan berikut tampilan awal dari slims 8 akasia


G. Hasil
     Hasil yang saya dapatkan dalam installasi ini adalah saya bisa tau perbedaan antara installasi slims 8 di Localhost dan dan Install Slims 8 di Server Debian.

H. Kesimpulan
    Kesimpulan yang saya dapatkan tadi pada saat installasi Slims 8 adalah Perhatikan letak file Slims 8 nya dan Carilah bahan ajar yang tepat. dan Sebelum kita membuat slims pertama kali server debian nya harus sudah terinstall Lamp Server.

     
       
     

0 comments:

Post a Comment

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts