Tuesday, October 25, 2016


Selamat Malam Kali inis saya akan share bagaimana cara Install dan Konfigurasi Database Server di Debian-8.6.
Ok Langsung saja iya .

A. Pengertian 
    Server basis data adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan basis data dan melayani komputer atau program aplikasi basis data yang menggunakan model klien/server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer (umumnya merupakan server) yang didedikasikan untuk menjalankan program yang bersangkutan. Sistem manajemen basis data (SMBD) pada umumnya menyediakan fungsi- fungsi server basis data, dan beberapa SMBD (seperti halnya MySQL ) sangat bergantung kepada model klien-server untuk mengakses basis datanya. Database adalah tempat dimana kalian meletakkan file-file data yang diperlukan oleh sebuah website ataupun aplikasi. Berhubung pada saat ini hampir seluruh website sudah berwujud dinamis yang pastinya membutuhkan database, maka kalian juga perlu menginstall sebuah Database Server sebagai lanjutan dari penginstalan Web Server di pembahasan sebelumnya. 

B. Latar Belakang
     Dasar untuk pemodelan set besar data pertama kali diperkenalkan oleh Charles Bachman pada tahun 1969. Bachman diperkenalkan Struktur Data Diagram (DSDS) sebagai sarana untuk grafis mewakili data. DSDS menyediakan sarana untuk mewakili hubungan antara entitas data yang berbeda. Pada tahun 1970, Codd memperkenalkan konsep bahwa pengguna database harus tahu tentang "inner" database. Codd mengusulkan "pandangan relasional" data yang kemudian berkembang menjadi Model Relational yang paling database gunakan saat ini. Pada tahun 1971, Laporan Database Tugas Kelompok CODASYL (kekuatan pendorong di belakang perkembangan bahasa pemrograman COBOL ) pertama mengusulkan "bahasa deskripsi data untuk menggambarkan database, bahasa deskripsi data untuk menggambarkan bagian dari basis data yang dikenal dengan Program, dan bahasa manipulasi data. "Sebagian besar penelitian dan pengembangan database difokuskan pada model relasional selama tahun 1970-an.
Pada tahun 1975 Bachman menunjukkan bagaimana model relasional dan struktur data set yang sama dan "kongruen" cara data penataan saat bekerja untuk Honeywell .The Model Entity-hubungan pertama kali diusulkan dalam bentuk yang sekarang oleh Peter Chen pada tahun 1976 sementara ia melakukan penelitian di MIT . Model ini menjadi model yang paling sering digunakan untuk menggambarkan database relasional. 

C. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan Tujuan nya adalah Sistem manajemen basis data (SMBD) pada umumnya menyediakan fungsi- fungsi server basis data, dan beberapa SMBD (seperti halnya MySQL ) sangat bergantung kepada model klien-server untuk mengakses basis datanya.

D. Alat dan Bahan
    Alat dan Bahan yang di butuhkan adalah 
     1. Laptop
     2. Server Debian-8.6
     3. Koneksi Internet.

E. Jangka Waktu Pengerjaan
    Jangka waktu yang saya butuhkan adalah kurang lebih 15 Menit. Tergantung Koneksi Internet. Semakin cepat koneksi internet maka semakin cepat pula proses Konfigurasinya.

F. Tahap Pelaksanaan
    1. Ketikkan Perintah "apt-get install mariadb-server

    2. Berikutnya Konfigurasi Mariadb perintahnya "mysql_secure_installation". Seperti pada gambar di bawah ini.



3. Selanjutnya Install phpmyadmin nya dengan perintah "apt-get install phpmyadmin"



  4.Kemudian Lihat di url browser dengan perintah "192.168.185.2/phpmyadmin"
   

G. Hasil dan kesimpulan
     Hasil yang saya dapatkan saya bisa mengetahui tentang bagaimana konfigurasi database server pada debian-8.6.0. dan kesimpulannya adalah lebih teliti pada konfigurasi nya. dan jangan lupa ingatkan paswordnya. 
H. Referensi :
     - https://en.wikipedia.org/wiki/Database_server

0 comments:

Post a Comment

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts