Monday, October 31, 2016


Assalamualaikum Wr Wb.
Selamat Pagi... Ok kali ini saya akan share bagaimana menginstall dan mengkonfiguasi FTP. Tapi sebelum kita lanjut ke tahap penginstalan lebih baik nya kita mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu FTP ?
Langsung saja iya . . .

A. Pengertian
     File Transfer Protocol (FTP) adalah standar protokol jaringan yang digunakan untuk mentransfer file komputer antara klien dan server pada jaringan komputer .
      FTP dibangun pada model arsitektur client-server dan menggunakan kontrol dan sambungan data terpisah antara klien dan server. pengguna FTP dapat mengotentikasi diri dengan teks yang jelas masuk dalam protokol, biasanya dalam bentuk username dan password, tetapi dapat terhubung secara anonim jika server dikonfigurasi untuk memungkinkan. Untuk transmisi aman yang melindungi username dan password, dan mengenkripsi konten, FTP sering diamankan dengan SSL / TLS ( FTPS ). SSH File Transfer Protocol (SFTP) kadang-kadang juga digunakan sebagai pengganti, tetapi teknologi yang berbeda.
  Aplikasi klien FTP pertama yang program baris perintah dikembangkan sebelum sistem operasi memiliki antarmuka pengguna grafis , dan masih dikirimkan dengan sebagian besar Windows , Unix , dan Linux sistem operasi.  Banyak FTP klien dan utilitas otomatisasi telah sejak dikembangkan untuk desktop, server, perangkat mobile, dan perangkat keras, dan FTP telah dimasukkan ke dalam aplikasi produktivitas, seperti halaman web editor.

B. Latar Belakang
    Spesifikasi asli untuk File Transfer Protocol ditulis oleh Abhay Bhushan dan diterbitkan sebagai RFC 114 pada tanggal 16 April 1971. Sampai tahun 1980, FTP berlari di NCP , pendahulu TCP / IP.  Protokol ini kemudian digantikan oleh TCP / versi IP, RFC 765 (Juni 1980) dan RFC 959 (Oktober 1985), spesifikasi saat ini. Beberapa standar yang diusulkan mengubah RFC 959 , misalnya RFC 1579 (Februari 1994) memungkinkan Firewall-Friendly FTP (mode pasif), RFC 2228 (Juni 1997) mengusulkan ekstensi keamanan, RFC 2428 (September 1998) menambahkan dukungan untuk IPv6 dan mendefinisikan tipe baru mode pasif.

C. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan Tujuannya adalah untuk bertukar file melalui jaringan. FTP juga digunakan untuk mendownload sebuah file dari server maupun untuk mengupload file ke sebuah server (misalnya mengupload konten-konten web ke sebuah webserver).

D. Alat dan Bahan
    Alat dan Bahan yang dibutuhkan adalah 
    1. Server yang sudah terinstall Debian-8.6.0
    2. Laptop
    3. Koneksi jaringan internet

E. Jangka Waktu Pengerjaan
    Jangka Waktu Pengerjaan yang saya butuhkan adalah kurang lebih 30 Menit.

F. Tahap Pelaksanaan

1. Pertama install terlebih dahulu FTP nya dengan perintah "apt-get install proftpd".


 - Maka akan mucul tampilan seperti di bawah ini. disini kita pilih yang "standalone"


2. Konfigurasi FTP Server nya dengan perintah "nano /etc/proftpd/proftpd.conf".


- Tambahkan ke baris yang paling bawah dengan perintah :
    " <Anonymous /home/aku/>
       User aku
       </Anonymous> "

 Apabila sudah di isi berikutnya kita simpan dengan perintah ctrl + x dan y Enter

3. Selanjutnya tambahkan user dengan perintah "adduser aku" Ket. "aku" merupakan nama yang kita buat pada pengisian atau konfigurasi ftp.


4. Berikutnya buka browser dan ketikkan perintah "ftp://alamat ip kita" dan isikan username pasword yang kita buat tadi. seperti pada gambar di bawah ini.


5. Apabila sudah ada tampilan seperti pada gambar di bawah ini maka konfigurasi ftp sudah bisa gunakan .

 Install dan Konfigurasi selesai

G. Hasil dan Kesimpulan
    Hasil yang saya dapatkan adalah saya bisa megetahui bagaimana step by step penginstalan dan konfigurasi tentang apa itu ftp
    Kesimpulannya adalah lebih diteliti lagi pas pada saat konfigurasi nya.

H. Referensi : 
     - https://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Berkas
     - Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom

Semoga Bermanfaat
Wassalamualaikum Wr Wb
 

0 comments:

Post a Comment

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts