Monday, October 31, 2016

Assalamualaikum Wr Wb
Selamat Siang ...
Ok kali ini saya akan share bagaimana cara Menginstall dan Mengkonfigurasi DNS Server. Sebelum lanjut ke tahap penginstalan lebih baiknya kita cari tau terlebih dahulu tentang pa itu pengertian dari DNS Server ?

A. Pengertian
     DNS adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: internet DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.
DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat ip untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet di mana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6).

B. Latar Belakang
    Penggunaan nama sebagai pengabstraksi alamat mesin di sebuah jaringan komputer yang lebih dikenal oleh manusia mengalahkan TCP/IP, dan kembali ke zaman ARPAnet. Dahulu, seluruh komputer di jaringan komputer menggunakan file HOSTS.TXT dari SRI (sekarang SIR International), yang memetakan sebuah alamat ke sebuah nama (secara teknis, file ini masih ada - sebagian besar sistem operasi modern menggunakannya dengan baik secara baku maupun melalui cara konfigurasi, dapat melihat Hosts File untuk menyamakan sebuah nama host menjadi sebuah alamat IP sebelum melakukan pencarian via DNS). Namun, sistem tersebut di atas mewarisi beberapa keterbatasan yang mencolok dari sisi prasyarat, setiap saat sebuah alamat komputer berubah, setiap sistem yang hendak berhubungan dengan komputer tersebut harus melakukan update terhadap file Hosts.
Dengan berkembangnya jaringan komputer, membutuhkan sistem yang bisa dikembangkan: sebuah sistem yang bisa mengganti alamat host hanya di satu tempat, host lain akan mempelajari perubaha tersebut secara dinamis. Inilah DNS.
Paul Mockapetris menemukan DNS pada tahun 1983; spesifikasi asli muncul di RFC 882 dan 883. Tahun 1987, penerbitan RFC 1034 dan RFC 1035 membuat update terhadap spesifikasi DNS. Hal ini membuat RFC 882 dan RFC 883 tidak berlaku lagi. Beberapa RFC terkini telah memproposikan beberapa tambahan dari protokol inti DNS.

C. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan Tujuan nya adalah ini merupakan syarat utama sebelum kita melanjutkan ke pembuatan webmail di debian server.

D. Alat dan Bahan
    ALat dan Bahan Yang di butuhkan adalah
    1. Debian Server.
    2. Laptop
    3. Koneksi internet. bisa juga Non Koneksi internet

E. Jangka Waktu Pengerjaan
    Jangka waktu yang saya butuhkan dalam installasi dan Konfigurasi ini kurang lebih nya 1 jam. keterangan : di ulang - ulang samapai kita faham

F. Tahap Pelaksanaan.

1. Remote terlebih dahulu server kita.
2. ketikkan perintah "apt-get install bind9 bind9-doc dnsutils"

 3.  Selanjutnya pindah direktory ke direktory bind dengan perintah "cd /etc/bind/. Apabila sudah masuk ke direktory bind langkah selanjutnya kita Setting atau Konfigurasi DNS nya dengan perintah "nano named.conf.local"

 - isikan perintah
"zone "smktbl.net" {
 type master;
 file "/etc/bind/db.smktbl";
 }; "

"zone "smktbl.net" {
 type master;
 file "/etc/bind/db.smktbl";
 }; "

Setelah itu simpan dengan menekan tombol "ctrl+x" dan tekan y enter. Seperti pada gambar di bawah ini


 4. Langkah selanjutnya Copy db.local ke db.yang barusan kita buat " dengan perintah " cp db.local db.smktbl"
              " cp db.127 db.192"

Seperti pada gambar di bawah ini


5. Berikutnya edit db.smktbl yang barusan kita copy dari db.local dengan perintah "nano db.smktbl". 


- Edit seperti pada gambar di bawah ini.


6. Sama dengan perintah yang ke 5 kita mengedit db.192 nya yang barusan kita buat.


 - Edit seperti pada gambar di bawah ini

 7. Selanjutnya kita liat dengan perintah "cat /etc/resolv.conf". Pastikan seperti pada gambar di bawah ini


- Selanjutnya kita restart jaringan dengan perintah "/etc/init.d/networking restart"


 8.  Apabila sudah di restart baru kita sekarang liat dns kita apakah sudah berhasil apa belum dengan perintah "nslookup smktbl.net"
Apabila seperti pada gambar di bawah ini. maka dns sudah siap di guakan dan sudah benar.


9. Masuk ke  Browser dan ketikkan nama domain yang barusan kita buat. 
    Seperti pada gambardi bawah ini


Selamat Mencoba semoga bermanfaat
G. Hasil dan Kesimpulan
    Hasil yang saya dapatkan dalam installasi dan konfigurasi dns server ini saya bisa tau bagaimana step by step pembuatannya
   Kesimpulannya adalah lebih di teliti pada saat konfigurasi db.forward sama dengna db.reverse nya apabila salah satu huruf saja berakibat fatal dengan yang lain.

H. Referensi : 
 - https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Penamaan_Domain
 - Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom

Wassalamualaikum Wr Wb

0 comments:

Post a Comment

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts