Tuesday, October 11, 2016


Assalamualaikum Wr Wb
Selamat Sore kali ini saya akan share tentang langkah - langkah mengelola perpustakaan onlie dengan slims akasia.

A. Pengertian
     Senayan, atau lengkapnya Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3.

B. Latar Belakang
     Latar Belakang saya Menngelola slims 8 akasia ini karena ini merupakan lanjutan dari rencana kerja saya dalam 1 minggu yaitu membangun pepustakaan online menggunakan slims 8 AKASIA .

C. Maksud dan Tujuan
     Maksud dan tujuan saya adalah saya ingin membuat sebuah perpustakaan digital yang berbasis web.

D. Alat dan Bahan
    Alat dan bahan yang saya butuhkan adalah
    1. laptop / PC yang sudah terinstall slims 8
    2. laptop / pc yang sudah bisa masuk ke server debian
    3. Koneksi internet
 
E. Jangka waktu Pengerjaan
    Jangka waktu yang saya butuhkan dalam mengelola perpustakaan ini adalah kurang lebih 1 jam
 
F. Tahap Pelaksanaan
Berikut Langkah - Langkah nya :
1. Membuat tipe Koleksi pada bigbiliografi.
    Contoh : Novel, Ebook dll
    Caranya >> Masuk ke menu master file -> collectio type -> add new group



  2. Memberikan Status item
      Sama dengan membuat koleksi item disini cuma berbeda tempat nya saja masuk ke menu master file -> item status -> add item status





   Keterangan = Di sini kita harus isi dengan inisial seperti contoh :
   R = Rusak
   SDP = Sedang dipinjam
   TDP = Tidak dapat dipinjam



3. Membuat tipe anggota
  Membuat tipe anggota ini sanga sebenarnya sangat penting karena menyangkut dengan aturan peminjaman setiap kelompok anggota, semisal guru, karyawan, dan siswa. dan pasti di setiap instansi mempunyai peraturan masing - masing dan pastinya berbeda.
Caranya pilih  menu membership -> member type -> add


isi sesuai dengan yang mau kita jadikan anggota. disini saya contohkan seperti "siswa" 


   Apabila sudah terisi maka akan seperti gambar di bawah ini.


  Keterangan :
  reserve : untuk memesan koleksi yang sedang dipinjam orang lain
  reserve limit : batas jumlah pemesanan
  membership periode : masa berlaku keanggotaan dalam hitungan hari
  reborow limit : kali perpanjangan
  fine each day : jumlah denda
  overdue grace periode : toleransi keterlambatan

 4. Membuat aturan peminjaman
     Menurut saya Aturan ini sangat di perlukan dan dibuat berdasarkan tipe anggota. Karena aturan peminjaman guru dan siswa biasanya berbeda begitu juga besar dendanya. dll
Perintahnya : Pilih atau masuk ke menu -> SIRKULASI - ATURAN PEMINJAMAN 


   - Pilih TAMBAH ATURAN


   - Diisi sesuai dengan tipe aturannya. disini saya contohkan punya GURU


   Apabila selesai diisi semua maka akan tampil seperti gambar di bawah ini



   5. Membuat Kelompok dan Pengguna Aplikasi
       Merupakan sebuah pembuatan user bagi staff / karyawan perpustakaan, sebelumnya kita harus membentuk kelompoknya dulu. Ada kelompok inventarisasi dan ada kelompok katalogisasi. Kelompok inventarisasi bertugas untuk memasukkan atau memberikan label dan barcode pada bibliografi. Sedangkan untuk kelompok katalogisasi bertugas untuk memasukkan data - data buku yang ada diperpustakaan.
Perintahnya : pilih atau masuk ke menu system -> user group -> add


  - berikan hak akses pada modul - modul di bawah sesuai dengan kelompok pengguna aplikasi.

  - untuk kelompok pengolah koleksi / katalogisasi  contreng read write pada bibliografi, master file, stake take, reporting, serial control dan read pada circulation, membership. Sedangkan untuk sirkulasi / inventarisasi contreng read write pada circulation, membership, reporting, stoke take dan read pada bibliografi, master file, serial control.


6. Membuat username untuk pengguna aplikasi
    Perintahnya : pilih atau masuk ke menu system -> system user -> add




G. Hasil
     Hasil yang saya dapatkan dalam pengerjaan ini adalah saya bisa mengetahui bagaimana tahapan selanjutnya setelah saya menginstall Slims 8 AKASIA.

H. Kesimpulan
     Kesimpulan yang saya dapatkan kali ini adalah teliti dalam mengerjakannya.

I. Referensi
   -  http://ratihfadhilah.blogspot.co.id/2016/10/pengelolaan-perpustakaan-online-dengan.html

Itu beberapa Proses pengolahan Perpus Online dengan slims 8,
semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr Wb

0 comments:

Post a Comment

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts