Thursday, October 6, 2016


Assalamualaikum Wr Wb.
Selamat Malam, Kali ini saya akan men share bagaimana cara membuat Vm di Proxmox 4.2.

A. Pengertian
     VM (Virtual Machine) adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli. Dalam VM (Virtual Machine) mengenal dua istilah yaitu Host OS dan Guest OS. Host OS adalah sistem operasi dimana Virtual Machine di install sedangkan Guest OS adalah sistem operasi yang di install pada virtual machine.

B. Latar Belakang
    Dengan adanya VM ini sangat mempermudah kita bekerja atau praktek dan mempermudah kita untuk melakukan installasi software tanpa harus khawatir dengan laptop kita. 

C. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan Tujuan nya adalah mempermudah kita dalam Pengerjaan suatu Tugas dan Praktek, dan enak dalam penggunaannya dan yang sangat bagus dan mudah dalam di mengerti.

D. Alat dan Bahan
    Alat dan Bahan yang saya butuhkan adalah :
    1. Laptop
    2. PC yang sudah terinstall Proxmox / Server Proxmox

E. Jangka Waktu Pengerjaan 
    Jangka Waktu Pengerjaan yang saya butuhkan kurang lebih nya sekitar 15 menit.

F. Tahap Pengerjaan
 
 1. Langkah Pertama kita masuk ke Proxmox

2. Setelah masuk ke Proxmox maka akan muncul tampilan awal dari Proxmox



3. Selanjutnya kita pilih atau Klik "Create VM" dan isi "Vlan ID" dan "Name" nya. Disini saya Vlan ID nya memakai 184 dan Name nya : Debian. 
Ket : Name :Debian nya samakan dengan Nama Vlan yang kita buat di Mikrotik. Setelah itu Klik Next.



 4. Langkah berikutnya masuk ke menu OS pilih yang "Linux 4.x/3.x/2.6 Kernel". setelah itu Klik Next.


5. Langkah Selanjutnya masuk ke menu CD/DVD. Pada langkah ini kita memilih file ISO yang kita Jalankan atau kita install, seperti pada gambar di bawah ini.

6. Menentukan Besaran Harddisk yang kita pakai. disini tergantung Spesifikasi Server Proxmoxnya.


7. Langkah berikutnya kita masuk pada menu CPU. Pada Langkah ini kita biarkan saja tidak usah dirubah. setelah itu Klik Next.


8. Selanjutnya Masuk pada Menu Memory. disini sama dengan di Menu Hardisk kita menyesuaikan Spesifikasi dari Server Proxmox kita.


9. Berikutnya kita masuk pada menu Network. Nah disini kita memberi alamt Vlan Id kita. Nah disini Vlan Id saya adalah 184. sama dengan Langkah yang pertama kita memberi Vlan dan jangan lupa disamakan dengan Vlan yang di Mikrotik yang sebelumnya kita buat.


10. Nah Setelah itu masuk ke menu Confirm. Maksudnya adalah kita mengkonfirmasi bawasannya kita sudah membuat VM. setelah itu Klik Next.

11. Kita sudah membuat VM berikut Tampilannya seperti pada gambar di bawah ini.


G. Hasil 
    Hasil yang saya Dapatkan adalah saya bisa mengetahui bagaimana sih cara membuat Vm selain Meng Upload File Iso di Proxmox 4.2

H. Kesimpulan 
     Kesimpulan yang saya dapatkan adalah Pastikan kita tau alamat Vlan yang kita buat di Mikrotik. dan jangan sampai berbeda. dan pada saat Pemberian RAM dan Harddisk sesuaikan dengan Spesifikasi PC / Komputer kita.

I. Referensi

0 comments:

Post a Comment

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts