Tuesday, October 4, 2016


Asslamualaikum Wr Wb.

Kembali lagi bersama saya. saya disini akan share bagaimana Menginstall Proxmox. Ok langsung saja iya.

A. Pengertian
     Proxmox VE (Virtual Environment) adalah salah satu distro Linux dari basis Debian yang mempunyai fungsi khusus sebagai virtualisasi baik appliance maupun operating system. Proxmox berjalan dengan mode text, walaupun seperti itu Proxmox akan lebih mudah dikonfigurasi melalui akses remote dengan web based

B. Latar Belakang
     Pada tahun 1950-an konsep yang mendasari Cloud Computing tidak dapat terlaksana karena suatu kesalahan. Sekitar tahun 1990-an sebuah perusahaan telekomunikasi memberikan layanan jaringan pribadi berupa virtual (VPN) dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Inilah perusahaan-perusahaan besar yang dapat menyediakan layanan cloud computing pada awal-awal perkembangan “Cloud Computing” : GE GEISCO merupakan anak perusahaan IBM Service Biro Corporation (SBC, berdiri pada tahun 1957), Tymshare (berdiri pada 1966), National CSS (berdiri pada tahun 1967 dan dibeli
oleh Dun & Bradstreet pada tahun 1979), Data Dial (dibeli oleh Tymshare pada tahun 1968), dan Bolt, Beranek dan Newman (BBN).

C. Maksud dan Tujuan
     Maksud dan Tujuan Menginstall proxmox adalah karena saya akan membangun sebuah server dengan menggunakan Virtualisasi.

D. Alat dan Bahan
    Alat dan Bahan yang dibutuhkan adalah :
    1. Komputer / Server
    2. Flasdisk / CD atau DVD Bootable Proxmox
 
E. Jangka Waktu Pengerjaan
    Jangka waktu yang saya butuhkan dalam menginstall proxmox adalah kurang lebih 1 jam

F. Tahap Pelaksanaan
1. pastikan server yang akan di install proxmox sudah tersambung ke listrik/hidup
2. siapkan FD/DVD Bootable
3. Installasi dimulai,, Tampilan awal instalasi proxmox

image

4.penerimaan perjanjian lisensi pilih "I agree"

image

5. menerima isi untuk standard Installasi pilih "Next"

image

6. Pemilihan alokasi tempat dan waktu dimana kita berada

image

7. Setelah itu anda akan diminta untuk memasukkan root password email anda.

image

8. mengedit pengaturan di bawah ini untuk installasi non - standard

image

9. Proses Installasi berjalan 

image

10. Proses Installasi Selesai

image

11. setelah itu Reboot.

G. Hasil
    Hasil yang saya dapatkan dalam instalasi proxmox ini adalah saya dapat mengetahui bagaimana cara dan tahapan untuk menginstall proxmox.

H. Kesipulan
     Kesimpulan menurut saya dalam installasi proxmox ini adalah kita harus tau untuk apa sih proxmox ini kedepannya, dan pastikan bootable proxmox nya sudah bagus dan siap buat dijadikan media installasi mengguanakan Flasdisk.

I. Referensi
    - Ebook Proxmox-CLoud-Computing-Virtualisasi.

Semoga Bermanfaat
Wassalamualikum Wr Wb.


0 comments:

Post a Comment

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts