Monday, October 17, 2016


Assalamualaikum Wr Wb
Selamat Malam... Kali ini saya akan share bagaimana caranya menginstall JIBAS. Ok Langsung saja iya.

A. Pengertian
   JIBAS (Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah) adalah sebuah CMS (Content Management System) yang dibuat oleh Yayasan Indonesia Membaca dan bertujuan untuk memudahkan lembaga sekolah untuk memanajemen sistem informasi akademik, keuangan, perpustakaan, kepegawaian, pelaporan, dsb.
JIBAS juga di buat untuk memudahkan guru maupun orangtua untuk mengkontrol siswa dengan bantuan  SMS Gateway. JIBAS juga sudah terintegrasi dengan FingerPrint untuk absensi personal.

B. Latar Belakang
    Latar Belakang saya menginstall JIBAS yaitu karena saya ingin Mengetahui bagaimana cara installasi yang benar dan ini juga merupakan Tujuan atau Perintah dari sekolah untuk mewujudkan sebuah absensi sidik jari untuk siswa dan para guru di sekolah atau instansi.

C. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan Tujuannya adalah Untuk mengetahui bagaimana cara menginstall JIBAS. dan ini merupakan Projek untuk membuat sebuah absensi siswa yang berbasis sidik jari.

D. Alat dan Bahan
    Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah :
    1. Laptop
    2. File JIBAS

E.  Jangka Waktu Pengerjaan
     Jangka waktu yang saya butuhkan dalam menginstall JIBAS ini adalah 2 jam. Keterangan Di ulang - ulang sampai mengerti dan memahami bagaimana installasi yang benar.

F. Tahap Pelaksanaan
    1. Langkah pertama adalah masuk sebagai "super user"


    2. Setelah itu Ketikkan perintah "nemo". Untuk memindahkan file Jibas ke
        Direktory "/var/www/html/"


 
   3. Berikutnya masuk ke direktory "cd /var/www/html/"

    
   4. Perintah Beriutnya ketikkan perintah "ls"
 
 
   5.Setelah itu Extrak File jibas. Seperti gambar di bwah ini.

  
   6. Setelah itu berikan hak akses folder seperti pada gambar di bawah ini.

   
 
   7.  setelah itu keluar dari mysql. seperti pada gambar di bawah ini

 
  8. Langkah selanjutnya ketikkan perintah "nano /etc/php5/apache2/php.ini"

   
    - Setelah itu tekan "ctrl + w" dan ketikkan perintah "short_open_tag"


    - Dan Ubah short_open_tag = on

 
   9. Langkah berikutnya kita masuk ke menu direktory include/ seperti pada gambar di bawah ini.

 
    -  Edit seperti pada gambar di bawah ini

Setelah di edit tekan ctr + x untuk menyimpannya.

10. Terus ketikkan perintah "localhost/jibas" maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini


   Oke installasi selesai . . .

G. Hasil dan Kesimpulan
     Hasil dan Kesimpulan yang saya dapatkan adalah saya bisa tau bagaimana cara installasi jibas yang benar dan kesimpulan saya adalah sebelum kita menginstal cms jibas pastikan terlebih dahulu kita membuat database jibas nya di phpmyadmin.

Referensi : http://www.luxsmart.net/2015/06/pengertian-jibas-dan-manfaatnya-untuk.html

0 comments:

Post a Comment

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts