Wednesday, October 12, 2016

Assalamualaikum Wr Wb.
Selamat Malam... Kali ini saya akan share bagaimana cara menambah kapasitas upload file di Slims 8. Ok langsung saja ya

A. Pengertian
    Senayan, atau lengkapnya Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaa (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data Mysql, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source.

B. Latar Belakang 
     Latar belakang nya adalah untuk mempermudah dalam proses upload file  yang berukuran besar.

C. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan Tujuannya adalah untuk mempermudah para admin perpus dalam menambah sebuah file yang ukuran kapasitasnya besar.

D. Alat dan Bahan
    Alat dan bahan yang di buthkan adalah :
    1. Laptop yang sudah terinstall Slims 8
    2. Koneksi internet

E. Jangka Waktu Pengerjaaan
     Jangka waktu yang saya butuhkan dalam mengerjakan ini adalah kurang lebih 30 Menit.

F. Tahap pelaksanaan
    1. Buka Terminal dan Remote Debian server nya dengan perintah "ssh hamim@192.168.184.2" seperti gambar di bawah ini

 
    2. Selanjutnya ketikan perintah "nano /etc/php5/apache2/php.ini"


   3. Maka akan tampil tampilan seperti di bawah ini


4. Beritunya tekan tombol ctrl + w dan ketikkan perintah "post_max_size" dan Ganti Size nya disini saya ganti 50G. Seperti pada gambar di bawah ini



5. Langkah Selanjutnya adalah sama dengan perintah yang di atas tapi disini kita tambahkan filesize nya saja. perintahnya seperti pada gambar di bawah ini.



   Setelah itu simpan dengan mengetikkan perintah ctrl + x dan tekan y. 

6. Langkah berikutnya restart apache 2 nya dengan perintah "Service apache2 restart" seperti pada gambar di bawah ini


7. Setelah itu kita coba liat apakah sudah berubah kapasitas upload nya di slims 8. Dan masuk ke menu BIBLIOGRAPHY -> BIBLIOGRAPHY LIST


   8. Maka aka tampil tampilan seperti di bawah ini dan ukuranpun berbeda.

  
 Proses Selesai

G. Hasil
    Hasil yang saya dapatkan dalam bahan ajar kali ini adalah saya bisa meng Upload file yang kapasitasnya besar. dan yang sebelumnya ukurannya kecil
 
H. Kesimpulan
     Kesimpulan yang saya dapatkan adalah pada waktu pencarian besaran kapasitas yang mau di ganti diharapkan sesuai dengan keiginan besaran yang anda inginkan.

I. Referensi  : https://id.wikipedia.org/wiki/Senayan_(perangkat_lunak)

Oke itu saja dari saya, semoga bermanfaat

Wassalamualaikum Wr Wb

0 comments:

Post a Comment

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts