Wednesday, October 5, 2016


Assalamualaikum Wr Wb.

Selamat Sore, Kembali lagi bersama saya, di sini saya akan share bagaimana Upload File ISO di Server Proxmox 4.2. Ok sebelumnya lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu apa sih itu Upload ?

A. Pengertian
   Upload atau yang kita kenal unggah ialah merupakan sebuah cara atau proses yang di lakukan untuk melakukan pengiriman File atau data dari perangkat komputer atau perangkat lainnya yang memiliki koneksi internet contohnya seperti file ISO, musik ataupun hal lainnya ke suatu sistem. Server dan data tersebut akan di publikasikan jaringan internet sehingga sebuah file atau data yang sudah di unggah dapat diambil atau bahkan dapat dilihat  oleh setiap orang banyak. Proses upload sangat membutuhkan sebuah koneksi jadi hal tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan, upload atau unggah lebih sering dilakukan oleh orang yang berkaitan atau bekerja di bidang internet atau online.

B. Latar Belakang
     Latar Belakangnya adalah untuk syarat utama sebelum kita membuat VM. Maka dari itu saya Meng Upload File iso nya terlebih dahulu.

C. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan Tujuan nya adalah Untuk Mempermudah saya dalam proses instalasi sistem operasi yang nantinya akan di install di Komputer / Pc yang menggunakan Virtualisasi proxmox. 

D. Alat dan Bahan
    Alat dan Bahan yang saya lakukan pada installasi kali ini adalah :
    1. Komputer / PC
    2. Laptop
    3. Kabel UTP Straigh
    4. File ISO Debian-8.5.0-amd64-DVD-1.iso
    5. Proxmox yang telah di install
    6. Koneksi Internet

E. Jangka Waktu Pengerjaan 
    Jangka waktu yang saya butuhkan dalam meng Upload File iso ini, tergantung besar kecil nya iso yang kita upload, semakin kecil ukuran iso yang kita upload maka semakin cepat pula proses uploadnya. Dan tadi saya mengupload file iso Debian-8.5.0-amd64-DVD-1.iso. Kurang lebih 30 Menit

F. Tahap Pelaksanaan.
1. Buka Web Browser di Laptop atau PC, dan kemudian ketikkan IP Proxmox
kita di Url. Contoh alamat ip Proxmox saya  "http://192.168.50.2:8006/".

2. Setelah itu maka akan masuk ke tampilan awal dari Proxmox. dan isikan username dan pasword nya. contoh "username : root dan paswordnya : h**i*m". Keterangan : Username diisi dengan perintah "Root" dan Paswordnya di isi dengan pasword yang kita buat pada saat instalasi Proxmox.


3. Kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini, Nah disini kita Klik Local dan pilih Content seperti berikut.


4. Setelah itu pilih menu Upload


5. Pilih file Iso yang mau kita upload


6. apabila kita sudah memilih file yang kita upload maka klik "Open" dan selanjutnya klik Upload


7. Tunggu Proses Upload sampai selesai


 8. Apabila Proses Upload selesai maka akan muncul gambar seperti di bawah ini. 



  
Oke Proses Uploadnya sudah selesai , Selamat Mencoba semoga berhasil ya.

G. Hasil
    Hasil yang  saya dapatkan pada kali ini adalah saya sudah bisa dan faham bagaimana cara upload file iso di proxmox.
H. Kesimpulan
     Kesimpulan yang saya dapatkan pada tutorial kali ini adalah cek terlebih dahulu file iso yang ingin kita upload dan pastikan file iso nya tidak "corrupt" dan bacalah buku panduan sebelum kita melaksanakan nya atau menguploadnya.

I. Referensi    

Wassalamualikum Wr Wb.

0 comments:

Post a Comment

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts