Thursday, October 13, 2016


Assalamualaikum Wr Wb
Selamat pagi... kali ini saya akan share bagaimana menambahkan artikel atau buku di slims 8 akasia.

A. Pengertian 
     Senayan, atau lengkapnya Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi Web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Repubik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan Pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source

B. Latar Belakang
    Latar belakang saya posting artikel ini karena saya ingin menambahkan sebuah artikel atau buku di perustakaan online yang saya buat.

C. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan Tujuan saya adalah untuk mempermudah para pembaca meimilih artikel yang di sukainya

D. Alat dan Bahan
    Alat dan bahan yang di gunakan adalah :
    1. Laptop / PC yang sudah terinstall slims
    2. Koneksi Internet
    
E. Jangka waktu Pengerjaan
    Jangka waktu pengerjaan yang saya butuhkan adalah kurang lebih 30 menit

F. Tahap Pelaksanaan
    1. Masuk ke menu Bibliography -> ADD NEW Bibliography


    

    3. Selanjutnya isi "Title" dengan judul buku atau ebook dll. Setelah itu tambah Author nya. seperti pada gambar di bawah ini







    4. Selanjutnya Kita masuk ke menu ADD ATTACHMENT dimana disini tempat meng upload sebuah file atau ebook dll.



    5. Pilih Ebook Yang mau kita upload. seperti pada gambar di bawah ini

 
    6. Tunggu proses peng Upload samapai selesai. Tergantung besaran kapasitas file yang kita Upload apabila file yang kita Upload kapasitasnya kecil maka semakin cepat proses Uploadnya.


    7. Berikutnya samakan dengan gambar di bawah ini


    8. Apabila ada Gambar seperti di bawah ini maka proses Upload selesai


   9. Masuk ke Menu ->OPAC Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. dan sudah ada ebook nya.


    Selamat Mencoba

G. Hasil 
    Hasil yang saya dapatkan adalah saya bisa menambah sebuah aritikel atau buku dan yang lain lain. ke dalam perpustakaan online yang saya buat

H. Kesimpulan 
     Kesimpulan yang saya dapatkan adalah dalam mengupload sebuah buku atau artikel pastikan terlebih dahulu besaran buku atau artikel yang mau kita upload dan sesuaikan dengan ukuran besaran upload yang ada di slimsnya.


Itu yang bisa sampaikan, Semoga bermanfaat. Terima kasih
Wassalamualaikum Wr Wb 
        

1 comment:

  1. Yth. Admin,

    Saya mau tanya bagaimana menghapus "Pattern" pada menu "Item(s) code batch generator" yang sudah terlanjur dibuat banyak. Mohon bantuaannya terima kasih.

    ReplyDelete

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts