Tuesday, October 25, 2016


Assalamualaikum Wr Wb
Selamat Pagi Kali ini saya akan share bagaimana cara menginstall Monitorix Di Debian-8.6. Ok langsung saja iya

A. Pengertian
    Monitorix adalah komputer jaringan pemantauan alat yang secara berkala mengumpulkan data sistem dan menggunakan antarmuka web untuk menampilkan informasi dalam grafik. Monitorix memungkinkan pemantauan kinerja sistem secara keseluruhan, dan dapat membantu mendeteksi kemacetan, kegagalan, waktu respon luar biasa panjang dan anomali lainnya.
Monitorix adalah perangkat lunak bebas dilisensikan di bawah ketentuan GNU General Public License versi 2 (GPLv2) yang diterbitkan oleh Free Software Foundation

B. Latar Belakang
    Latar Belakang saya menginstal Monitorix ini karena saya ingin memonitor atau melihat sebuah perjalanan atau traffix server kita.

C. Tujuan
     Tujuannya untuk memonitoring jaringan atau server kita.

D. Alat dan Bahan
    Alat dan Bahan yang saya butuhkan adalah 
    1. Laptop
    2. Server Yang mau kita Monitoring.
    3. Koneksi Internet

E. Jangka Waktu Pengerjaan
    Jangka waktu yang saya butuhkan adalah kurang lebih 15 Menit Tergantu Kecepatan Koneksi Internet yang kita pakai.

F. Tahap Pelaksanaan

1. Langkah awal installasi Monitorix adalah kita install mengistall beberapa kebutuhan/depensi dari aplikasi monitorix ini yaitu rrdtool perl libwww-perl libmailtools-perl libmime-lite-perl librrds-perl libdbi-perl libxml-simple-perl libhttp-server-simple-perl libconfig-general-perl libio-socket-ssl-perl , aplikasi depedensi tersebut harus diinstall terlebih dahulu dengan perintah

"apt-get install rrdtool perl libwww-perl libmailtools-perl libmime-lite-perl librrds-perl libdbi-perl libxml-simple-perl libhttp-server-simple-perl libconfig-general-perl libio-socket-ssl-perl"


2. download file Monitorix nya. dengan Perintah "wget [alamat link yang mau kita download] "
Seperti pada gambar di bawah ini.

 3. Ketikkan perintah ls untuk melihat file yang kita download. Apabila file sudah ada langkah berikutnya install monitorix dengan perintah "dpkg -i monitorix_3.9.8-izzyl_all.deb". Seperti pada gambar di bawah ini



4. Lalu kita cek dengan mengetikkan perintah "http://192.168.52.2:8080/monitorix"
 

  Klik Ok Maka akan mucul Tampilan awal dari Monitorix.



G. Hasil dan kesimpulan
    Hasil yang saya dapatkan saya bisa memantau aktifitas atau traffik dari server saya  dan Kesimpulannya adalah perhatikan dalam pengetikan file yang harus di instal atau packet packet nya.

H. Referensi :
     - https://en.wikipedia.org/wiki/Monitorix
     - Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom

Semoga Bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr Wb.







0 comments:

Post a Comment

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts